Laman

Kamis, 04 Maret 2010

SILABUS Praktek Lapangan BK

STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING


SILABUS


Mata Kuliah : Praktek Lapangan Bimbingan dan Konseling
Kode Mata Kuliah :
Bobot : 4 SKS
Dosen :
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Prasyarat : Lulus Pengantar Bimbingan dan Konseling
Bimbingan Kelompok, Konseling Individual,
Psikologi Non Tes dan Tes,
Waktu Perkuliahan : Semester Genap


A. Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah ini mahasiswa melakukan praktek lapangan bimbingan dan konseling selama satu semester, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai mata kuliah praktik, maka bobot kegiatan mahasiswa lebih banyak di lapangan, dengan pokok-pokok kegiatan : (1) Pengenalan dan pemahaman situasi-kondisi, program dan kegiatan-kegiatan sekolah, (2) pengenalan dan pemahaman program BK di sekolah, (3) pengukuran dan pemahaman potensi dan kekuatan serta problema-problema siswa, (4) penyusunan program pengembangan potensi dan kekuatan serta bantuan mengatasi problema-problema siswa, (5) penyiapan instrumen pengumpulan data dan informasi BK, (6) pemberian layanan bantuan pemahaman dan pengembangan potensi dan kekuatan siswa, (7) pemberian layanan bantuan mengatasi problema-problema pendidikan dan pengajaran, sosial-pribadi, dan jabatan/karir; (8) partisipasi dalam pelaksanaan program sekolah dan program BK, serta (9) pelaporan kegiatan PLBK lisan dan tulisan.


B. Tujuan Mata kuliah
Para mahasiswa memiliki :
1. Pengetahuan praktis tentang situasi-kondisi kehidupan dan program sekolah serta berbagai bentuk problema siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.
2. Pemahaman yang menyeluruh dan terintegrasi tentang program Bimbingan dan Konseling di sekolah.
3. Kemampuan membantu memahami dan mengembangkan potensi-potensi siswa, merancang pengembangannya di masa yang akan datang serta membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi para siswa saat.
4. Sikap profesional sebagai konselor pendidikan.


C. Isi Perkuliahan
1. Pengenalan dan pemahaman situasi-kondisi, program dan kegiatan-kegiatan sekolah.
2. Pengenalan dan pemahaman program BK di sekolah.
3. Pengukuran dan pemahaman potensi dan kekuatan serta problema-problema siswa.
4. Penyusunan program pengembangan potensi dan kekuatan serta bantuan mengatasi problema-problema siswa.
5. Penyiapan instrumen pengumpulan data dan informasi BK.
6. Pemberian layanan bantuan pemahaman dan pengembangan potensi dan kekuatan siswa.
7. Pemberian layanan bantuan mengatasi problema-problema pendidikan dan pengajaran.
8. Pemberian layanan bantuan mengatasi problema-problema sosial-pribadi
9. Pemberian layanan bantuan mengatasi problema-problema jabatan karir
10. Partisipasi dalam pelaksanaan program sekolah.
11. Partisipasi dalam pelaksanaan program BK
12. Pelaporan kegiatan PLBK lisan dan tulisan.

D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan pembelajaran Integrasi teori dan praktek.
2. Metode Pembelajaran.
a. Di lapangan :
1) orientasi, observasi, studi dokumenter, dan partisipasi;
2) pembimbingan latihan bimbingan kelompok dan konseling individual.
b. Di kelas: simulasi, diskusi (persiapan dan perencanaan kegiatan), penyajian (laporan mingguan), dan diskusi (pelaksanaan kegiatan dan pemecahan masalah yang ada di lapangan).

E. Media Pembelajaran
1. Video player dan cassette
2. Audio player dan cassette
3. OHP dan transparan
4. Format-format untuk latihan di kelas dan di lapangan

F. Tugas dan Evaluasi
1. Tugas :
a. Penyusunan rencana bimbingan
b. Penyusunan instrumen-instrumen pengumpulan data
c. Penyusunan bahan informasi cetak dan elektronik
d. Penyusunan laporan akhir hasil PLBK

2. Evaluasi :
a. Evaluasi mingguan tertulis dan lisan
b. Evaluasi laporan hasil PLBK
c. Evaluasi/Ujian akhir lisan.

G. Rincian Kegiatan
1. Pertemuan 1
Penjelasan program PLBK (program terlampir). Tugas dan kewajiban mahasiswa, pembagian kelompok dan pemilihan sekolah tempat praktek, penyiapan syarat-syarat administratif.

2. Pertemuan 2
Diskusi tentang kegiatan observasi dan orientasi di sekolah, identifikasi dan penyusunan instrumen pengumpulan data, penyusunan program bimbingan masing-masing praktikum.

3. Pertemuan 3
Laporan dan diskusi hasil pengenalan dan pemahaman situasi-kondisi program dan kegiatan sekolah serta program BK di sekolah.

4. Pertemuan 4
Laporan dan diskusi hasil pemahaman potensi dan kekuatan serta problema-problema umum siswa.

5. Pertemuan 5
Penyajian dan diskusi draft program bimbingan (pengembangan potensi dan kekuatan serta bantuan mengatasi problema-problema siswa), instrumen dan bahan informasi masing-masing praktikum.

6. Pertemuan 6 s.d. 9
Penyajian dan diskusi hasil pemberian layanan pengembangan dan bantuan mengatasi problema siswa.

7. Pertemuan 10
Penyajian dan diskusi hasil partisipasi dalam pelaksanaan program sekolah, pembahasan tentang bentuk dan sistematika isi laporan kegiatan PLBK.

8. Pertemuan 11 s.d. 15
Penyajian dan diskusi hasil pemberian layanan pengembangan dan bantuan mengatasi problema siswa (lanjutan).

9. Pertemuan 16
Ujian akhir dilaksanakan secara lisan.




H. Daftar Literatur
Culley, Sue (1991), Integrative Counseling Skill in Action, London : Sage Publications.

Gibson, Robert L. & Mitcell Marianne, (1986), Introduction in Counseling and Guidance New York: Mac Millan Publishing Co.

Ivey, Allen E. & Auther, Jery (1978), Micro Counseling Illionis: Charles C: Thomas Publisher.

Kennedy, Eugene & Charles, Sara C. (1990), On Becoming a Counselor, New York: Crossroad.

Pietrofesa, John et.al. (1980), Guidance: an Introduction, Chicago: Rand McNally College Publishing Co.

Tanda tangan kesiapan untuk anggota tim PPL BK :

1
2
3
4
5